Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Manado-Bitung Dibuka 24 Jam, Selama 2 Minggu Gratis

Kompas.com - 30/09/2020, 15:46 WIB
Skivo Marcelino Mandey,
Khairina

Tim Redaksi

MANADO, KOMPAS.com - Operasional Jalan Tol Manado-Bitung ruas Manado-Danawudu sepanjang 26,35 kilometer telah dibuka, Rabu (30/9/2020).

"Jalan tol ini dibuka 24 jam dan selama dua minggu pertama masih digratiskan namun tetap harus menggunakan kartu," kata Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Sulawesi Utara Agus Fatoni saat membuka operasional tol seperti dikutip dari website resmi Humas Pemprov Sulut, Rabu siang.

Fatoni mengimbau kepada masyarakat pengguna jalan tol selalu berhati-hati dalam mengemudikan kendaraan di jalan tol agar selamat sampai di tujuan.

"Kepada masyarakat untuk tetap berhati-hati dan jaga keselamatan. Tol ini dibuka 24 jam,” imbau Fatoni.

Baca juga: PT PP Rampungkan Pembangunan Jalan Tol Pertama di Sulut

Menurut Fatoni, dengan adanya jalan tol ini waktu tempuh dari Manado ke Bitung menjadi jauh lebih cepat.

“Ini akan mempersingkat waktu yang biasanya jarak tempuh Manado-Bitung satu sampai dua jam, sekarang sudah bisa ditempuh hanya dengan 20 sampai 30 menit saja,” katanya.

Lanjut Fatoni, rampungnya jalan tol akan menunjang perekonomian daerah.

Baca juga: Jalan Tol Terpanjang di Sulawesi Segera Beroperasi

 

Selain itu, proyek yang menelan anggaran Rp4,95 triliun ini dirancang untuk mengintegrasikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Bitung dan KEK Pariwisata Likupang, Minahasa Utara.

“Ini akan meningkatkan perekonomian serta koneksitasnya bisa lebih lancar dan di manfaatkan untuk pengembangan di bidang-bidang yang lain,” ujar dia.

Pengoperasian perdana penggunaan Jalan Tol Manado-Bitung turut dihadiri jajaran Forkopimda, Sekdaprov Sulut Edwin Silangen, Pjs Bupati Minahasa Utara Clay June Dondokambey, para pejabat Pemprov Sulut dan Jasa Marga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com