Sulut Siapkan Laboratorium Pemeriksaan Sampel Corona

Kompas.com - 01/04/2020, 13:13 WIB
Jubir Satgas Covid-19 Sulut Steven Dandel, Selasa (31/3/2020) pukul 18.48 WITA KOMPAS.com/SKIVO MARCELINO MANDEYJubir Satgas Covid-19 Sulut Steven Dandel, Selasa (31/3/2020) pukul 18.48 WITA

MANADO, KOMPAS.com - Sulawesi Utara bakal segera memiliki laboratorium untuk melakukan pemeriksaan terhadap sampel corona ( Covid-19).

Juru Bicara Satgas Covid-19 Sulut dr Steven Dandel menjelaskan, laboratorium tersebut akan selesai pengerjaan dalam dua pekan ke depan.

"Ini lagi kerja mereka 1×24 jam mempersiapkan laboratorium di Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP), di Mapanget, Manado," kata Steven kepada wartawan, Rabu (1/4/2020).

Baca juga: Gubernur Sulut Geser Anggaran Pilkada untuk Penanganan Covid-19

Menurut Steven, persiapan terus dilakukan semaksimal mungkin karena tidak gampang mengatur laboratorium, harus mempunyai standar biosecurity level dua plus.

"Jadi susah sekali. Tantangannya luar biasa karena harus disertifikasi dan lain sebagainya. Jadi itu yang kita upayakan dalam jangka waktu satu dua minggu ini, mudah-mudahan kalau tidak ada aral melintang minggu depan sudah operasional dan sampel-sampel kita tidak perlu lagi dikirim ke luar Sulut," ungkapnya.

Baca juga: Pernah Kontak dengan Pasien Positif, 192 Warga Sulut Negatif Corona

Dia mengatakan, laboratorium khusus corona untuk mempercepat proses uji sampel.

 

Selama ini, kata dia, pemeriksaan sampel pasien corona dikirim ke Makassar.

Terlebih, maskapai penerbangan yang diizinkan membawa sampel Covid-19 hanya Garuda Indonesia.

"Sementara Manado-Makassar tidak ada rute Garuda, sehingga kami hanya bisa mengirim sampel di dua laboratorium yang ada di Jakarta, yakni Badan Litbangkes dan Eijkman Institute for Molecular Biology," pungkasnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X