101 Kasus Baru di Sulut, Satgas: Protokol Kesehatan Makin Kendur di Masyarakat

Kompas.com - 17/11/2020, 06:56 WIB
Ilustrasi virus corona, Covid-19 ShutterstockIlustrasi virus corona, Covid-19

MANADO, KOMPAS.com - Kasus positif Covid-19 di Sulawesi Utara bertambah 101 orang, Senin (17/11/2020).

"101 kasus baru ini disumbang Kota Manado sebanyak 44 kasus, Tomohon 14 kasus, Minahasa Utara 13 kasus, dan Minahasa 10 kasus," kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Sulut Steaven Dandel dalam keterangan pers.

Lanjut dia, Minahasa Selatan ada 7 kasus, Bitung 4 kasus, dan Minahasa Tenggara 3 kasus.

"Kotamobagu dan luar wilayah masing-masing 2 kasus. Sementara itu, Bolaang Mongondow Selatan dan Sitaro masing-masing 1 kasus," ujar Steaven.

Baca juga: Debat Pilkada Sulut, Olly Janji Turunkan Angka Kemiskinan, VAP Bela Kaum Disabilitas

Ia menjelaskan, gambaran epidemiologi selama dua minggu terakhir ini adanya lompatan penambahan kasus positif yang tinggi.

Ada tiga penyebab utama dari peningkatan kasus ini. Pertama, jumlah hasil swab yang keluar dari laboratorium polymerase chain reaction (PCR) baik milik pemerintah maupun swasta mencapai 4.000 hasil per minggu.

"Dibandingkan dengan minggu-minggu sebelumnya yang mencapai 2.500 sampai dengan 3.000 sampel," ujar Steaven.

Penyebab kedua, terjadinya lonjakan kasus suspek yang dirawat di rumah sakit yang kemudian ditindaklanjuti dengan tracing meluas oleh tim surveilans kabupaten dan kota terhadap kontak erat kasus suspek ini yang menghasilkan kasus-kasus kontak erat yang terkonfirmasi positif.

"Yang terakhir, terpantau bahwa disiplin dan ketaatan dalam melaksanakan protokol kesehatan makin kendur di masyarakat. Kerumunan massal makin sering terlihat dan kebanyakan tanpa menggunakan masker," ungkapnya.

Baca juga: Positif Covid-19 di Sulut Bertambah 110 Kasus dalam 2 Hari Terakhir

Steaven mengimbau, masyarakat Sulawesi Utara perlu meningkatkan ketaatan dan kedisiplinan dalam melaksanakan protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan sesering mungkin.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X